Halloween Costume ideas 2015

HARUAI-WIRANG.blogspot.com

MONUMEN TANJUNG PURI


Monument Tanjung Puri atau orang-orang sering menyebutnya “tugu obor” terletak di Mabuun kecamatan Murung Pudak Kabupaten Tabalong. Monument Tanjung Puri terletak di segi tiga emas jalan trans Kalimantan. Jika kita dari Banjarmasin ingin memasuki kota Tanjung pasti melewati monument ini, begitu juga kalau kita dari Kaltim menuju kota Tanjung.
Monumen Tanjung Puri ini dibangun pada masa Kabupaten Tabalong di pimpin oleh Bupati Suchowardi (1984-1994). Pada bagian puncak tugu terdapat kelopak bunga melati. Bunga melati ini melambangkan bunga yang wangi yang senantiasa melengkapi berbagai kegiatan masyarakat Tabalong, khususnya kegiatan bersifat sacral. Oleh karena itu melati selain menyebarkan keharuman juga sebagai bunga magis. Sementara api abadi (tidak padam walaupun turun hujan) di atasnya melambangkan semangat masyarakat Tabalong untuk terus bekerja berusaha memperbaiki dan lingkungan dengan penuh semangat yang tak pernah padam.
Sedangkan di bagian sisi bawah berbentuk Sasanggan terdapat tulisan “Monumen Tanjung Puri” dan kalimat motto dari Bumi Saraba Kawa (Kabupaten Tabalong) yaitu: Kawa Baucap (Sanggup Berbicara), Kawa Manggawi (Sanggup Mengerjakan) dan Kawa Manyandang (Sanggup Bertanggung Jawab).
Dinamakan Tanjung Puri ini merujuk kepada tradisi lisan masyarakat yang menyebutkan bahwa dulu terdapatbebuah kerajaan tertua yang terletak di tepi sungai Tabalong, yaitu kerajaan Tanjung Pura dengan ibu kotanya Tanjung Puri. Selain disebut Tanjung Pura, kadang juga disebut Kerajaan Tanjung Puri. Hal ini dimengerti karena riwayat kerajaan tersebut lebih banyak berupa asumsi berdasar data berupa tradisi lisan yang sangat terbatas dan diragukan kebenarannya. Kerajaan Tanjung Pura dengan ibukotanya Tanjung Puri diperkirakan berada di daerah aliran sungai Tabalong yakni daerah Banua Lawas, Kelua atau Tanjung sekarang. Pada masa lalu, daerah aliran Sungai Tabalong merupakan daerah konsentrasi koloni Melayu yang pertama. Perpaduannya dengan kebudayaan orang Maanyan, Bukit kemudian Ngaju telah menghasilkan etnis Banjar dengan unsur Melayu yang lebih dominan.
Monumen Tanjung Puri atau sering disebut dengan Tugu Obor saat ini menjelma menjadi maskot landmark Kabupaten Tabalong. Api abadinya yang pantang padam kecuali ketika ada perawatan seakan menyimbolkan energy yang tak pernah habis dan semangat masyarakat Tabalong yang selalu bekerja keras pantang menyerah.


Label:

Post a Comment

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Theme images by mammuth. Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget