Halloween Costume ideas 2015

HARUAI-WIRANG.blogspot.com

KABUPATEN TABALONG DAN POTENSI KEKAYAAN ALAMNYA


A.    Kabupatena Tabalong
Kabupaten Tabalong merupakan kabupaten paling utara dari Provinsi Kalimantan Selatan dengan ibu kota Tanjung, yang mana letaknya sangat strategis, yaitu di segitiga emas Kalimantan (ujung Kalsel, ujung Kaltim, dan Ujung Kalteng) luasnya 3.946 km² dengan terdiri adari 12 Kecamatan.
Secara geografis Kabupaten Tabalong terletak pada 1,18o LS – 2,25o LS, dan 115,9° BT – 115,47° BT sedangkan Grid Propinsi Kalimantan Selatan dari Proyeksi UTM terletak pada Grid CE – 25 sampai BD – 39 dengan koordinat x = 295.000 M dan y = 9.735.000 M pada zone 5° LS, dengan batas-batas wilayah yaitu:
1.      Sebelah Utara berbatasan dengan Provinsi Kalimantan Timur.
2.      Sebelah Timur berbatasan dengan provinsi Kalimantan Timur.
3.      Sebelah Selatan berbatasan dengan Kabupaten Hulu Sungai Utara dan Kabupaten Balangan
4.      Sebelah Barat berbatasan dengan Kabupaten Barito Selatan.
Mengenai kepadatan penduduk dari Kabupaten Tabalong itu sendiri, berdasarkan sensus penduduk pada tahun 2010 jumlah keseluruhan penduduk adalah 218.954 jiwa, dengan rasio jenis kelamin adalah 103. Dalam mempercepat tumbuhnya pembangunan, di Kabupaten Tabalong membagi 3 wilayah pengembangan pembangunan[1], yaitu:
1.      Wilayah Pengembangan Pembangunan Utara
Meliputi Kecamatan Haruai, Bintang Ara, Muara Uya, Upau dan Jaro dengan Pusat pengembangannya di Kecamatan Muara Uya, dengan potensi dan orientasi kepada perkebunan/pertanian tanaman pangan, peternakan, perikanan, kehutanan, daerah transmigrasi serta pariwisata. Wilayah pengembangan ini merupakan daerah dataran tinggi, dimana pegunungan Meratus membentang.
2.      Wilayah Pengembangan Pembangunan Tengah
Meliputi 3 Kecamatan yaitu Kecamatan Tanjung, Tanta, dan Murung Pudak dengan Pusat Pengembangan di Kecamatan Tanjung, dengan potensi dan berorientasi pada lahan pangan, perkebunan, wilayah ini juga sebagai pusat pemerintahan, perdagangan, industri, pendidikan, kebudayaan, serta pariwisata daerah. Daerah pembangunan ini sangat potensial karena letak dari Kota Tanjung itu sendiri merupakan transit antar provinsi (Kalsel, Kaltim, dan Kalteng) didukung dengan jalan raya dan lapangan terbang.
3.      Wilayah Pengembangan Pembangunan Selatan
Wilayah ini meliputi empat Kecamatan yaitu Kecamatan Kelua, Pugaan, Muara Harus dan Banua Lawas dengan pusat pengembangan di Kecamatan Kelua, pada wilayah ini di dominasi oleh dataran rendah dan rawa dengan potensi dan orientasi di bidang pertanian pangan, peternakan unggas, dan perikanan.

B.     Potensi Kekayaan Alam (pertambangan, pertanian dan perkebunan, perikanan dan peternakan, pariwisata)
Kabupaten Tabalong yang memiliki kondisi geografis yang beragam menyimpan pontensi kekayaan alam yang luar biasa.  Selama ini Kabupaten Tabalong dikenal sebagai kabupaten panghasil batubara terbesar di Kalsel bahkan di Indonesia. Selain batubara sebenarnya Kabupaten Tabalong juga memiliki berbagai jenis kekayaan alam lainnya.
Berikut potensi-potensi kekayaan alam yang ada di Kabupaten Tabalong:
1.      Sektor Pertambangan
a.       Perusahaan Tambang Batubara (PT. Adaro Indonesia)
PT. Adaro Indonesia merupakan perusahaan tambang batubara terbesar di Kalimantan Selatan. Wilayah tambang PT. Adaro meliputi dua kabupaten, yaitu Kabupaten Tabalong dan Kabupaten Balangan.
Keberadaan perusahaan tambang batubara ini dirasakan manfaatnya bagi masyarakat Tabalong karena banyak menyerap tenaga kerja. Selain itu juga cabang-cabang perusahaan Adaro seperti PT. SIS, PAMA, BUMA dan lainnya juga banyak menyerap tenaga kerja bagi masyarkat Tabalong.



b.      Perusahaan Semen (PT. Conch South Kalimantan Cement)
PT. Conch South Kalimantan Cement merupakan perusahaan yang memproduksi semen. Perusahaan ini terletak di Desa Seradang, Kecamatan Haruai, Kabupaten Tabalong. Berproduksi mulai pada tahun 2012 dan menjadi perusahaan semen terbesar di Indonesia.
c.       Minyak Bumi
Tabalong juga memiliki cadangan minyak bumi yang di kelola oleh PT. Pertamina EP Tanjung. Perusahaan ini terletak di Kecamtan Murung Pudak, Kabupaten Tabalong.
2.      Sektor Pertanian dan Perkebunan
a.       Perkebunan karet
Berkebun karet atau petani karet merupakan mata pencaharian utama masyarakat Tabalong khususnya yang berada di wilayah utara. Karet menjadi penopang hidup masyarakat secara turun-menurun. Walaupun banyak juga masyarakat yang bekerja dibidang jasa, berdagang dan pekerjaan lain, tetapi petani karet menjadi pekerjaan mayoritas di Kabupaten Tabalong. Kabupaten Tabalong juga terkenal sebagai penghasil karet terbesar di Kalimantan Selatan.

b.      Perkebunan sawit
Di Kabupaten Tabalong juga terdapat perkebunan kelapa sawit, yaitu terletak di Desa Hayup Kecamatan Haruai. Perkebunan kelapa sawit ini di bawah naungan perusahan PT. Astra Agro Lestari.

c.       Pertanian (sawah dan ladang)
Khusus untuk pertanian wilayah pengembangannya lebih banyak berada di wilayah selatan Kabupaten Tabalong. Keadaan geografisnya yang berupa dataran rendah sangat mendukung untuk dikembangkannya pertanian.
3.      Sektor Perikanan dan Peternakan
a.       Peternakan sapi
Peternakan sapi di Kabupaten Tabalong banyak dikembangkan di kecamatan Jaro.
b.      Budidaya ikan air tawar
Budidaya ikan air tawar di Tabalong lebih banyak dikembangkan menggunakan keramba daripada tambak. Adapun sentra tambak ikan air tawar terdapat di Kecamatan Kelua dan Banua Lawas.
4.      Sektor Pariwisata
Berikut daftar wisata alam yang ada di Kabupaten Tabalong:
1)      Danau Biru (Desa Pugaan, kec. Pugaan)
2)      Riam Tampalihung (Desa Panaan, Kec. Bintang Ara)
3)      Riam Mambanin (Desa Marindi, kec. Haruai)
4)      Riam Kinarum (Desa Kinarum, kec. Upau)
5)      Gunung Sialing (Desa Nawin, kec. Haruai)
6)      Goa Liang Kantin (kec. Jaro)
7)      Goa Liang Tapah (Desa Garagata, kec. Jaro)
8)      Liang Pundun (Desa Purui, kec. Jaro)
9)      Air Terjun Lano ( Desa Lano, kec. Jaro)
10)  Wisata Arum Jeram (Desa Salikung, kec. Muara Uya)
11)  Riam Mesi (Desa Salikung, kec. Muara Uya)




"Cara berpikir yang mengatakan kekayaan bangsa adalah minyak, gas, tambang, adalah cara berpikir penjajah kolonial.
Kekayaan terbesar sebuah bangsa adalah manusianya"
-Anis Baswedan, ketika menjabat sebagai mentri Pendidikan



[1]               BAPPEDA dan BPS Kabupaten Tabalong, Monografi Kabupaten Tabalong 2009
Label:

Post a Comment

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Theme images by mammuth. Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget