Halloween Costume ideas 2015

HARUAI-WIRANG.blogspot.com

Langsat Tanjung dan Buah-buahan Khas Kabupaten Tabalong

Langsat Tanjung dan Buah-buahan Khas Kabupaten Tabalong

1.Langsat Tanjung
langsat tanjung
Langsat tanjung adalah buah yang menjadi maskotnya Kabupaten Tabalong. Walaupun langsat bukan tanaman indemik Kabupaten Tabalong, namun tanaman ini banyak tumbuh di Kabupaten Tabalong sehingga menjadi maskot buah kebanggaan warga Tabalong. Langsat ini terkenal dengan rasanya yang manis dan memiliki nilai gizi yang tinggi. Dalam 100 gram buah langsat terkandung kalori 70 kal, protein 1.0 gram, lemak 0.2 gram, karbohidrat 13 gram, mineral 0.7 gram, kalsium 18 mg, fosfor 9 mg dan zat besi 0.9 gram (untuk kandungan kalori, mineral,dan zat besi, buah langsat setingkat lebih tinggi dibandingkan dengan apel dan jeruk).

Langsat atau bahasa latinnya L. domesticum var. domesticum kebanyakan memiliki ciri pohon yang lebih kurus, berdaun kurang lebat yang berwarna hijau tua, dengan percabangan tegak. Tandan buahnya panjang, padat berisi 15–25 butir buah yang berbentuk bulat telur dan besar-besar. Buah langsat berkulit tipis dan selalu bergetah (putih) sekalipun telah masak. Daging buahnya banyak berair, rasanya masam manis dan menyegarkan. Langsat bukanlah buah yang bisa bertahan lama setelah dipetik. Dalam tiga hari setelah dipetik, kulit langsat akan menghitam sekalipun itu tidak merusak rasa manisnya. Hanya saja tampilannya menjadi tidak menarik.

langsat tanjung

2. Manggis
Buah manggis yang kaya akan manfaat ini bisa dikatakan sangat banyak tumbuh di Tabalong. pada umumnya pohon manggis ini tumbuh secara liar di sekitaran pemukiman. 

manggis

manggis

3. Tiwadak
Siapa sih yang tidak kenal dengan "tiwadak" atau yang dalam bahasa Indonesia disebut dengan cempedak. Buah yang masih satu kerabat dengan buah nangka ini sangat digemari karena rasanya yang manis dan hampir seluruh bagian buah bisa dimanfaatkan. Yang unik dari buah "tiwadak" ini yaitu kulitnya, bagi masyarakat di Tabalong dan Kalsel pada umumnya kulit tiwadak/cempedak bisa dijadikan lauk makan yang terkenal dengan sebutan "MANDAI". Mandai di Kalimantan Selatan sangat terkenal sebagai salah satu lauk pauk khas daerah ini.



4. Papakin
    Papakin atau orang sering juga menyebutnya durian kuning karena warnanya kuning kemerah-merahan. Buah yang masih satu keluarga dengan durian ini sangat banyak dijumpai di Tabalong.



5. Kapul
Mungkin nama buah ini sedikit asing karena memang buah ini saat ini sudah jarang ditemui. Tanaman Kapul ini biasanya tumbuh secara liar di kebun-kebun warga. sampai saat saya belum pernah melihat orang membudidayakan tanaman ini, sehingga keberadaan tanaman Kapul ini menjadi langka.
kapul


6. Kulipisan
kulipisan

7. Kasturi



8. Putaran



9. Tarap


10. Kangkala/Kalangkala


11. Layung/Lahung



12. Maritam


13. Kuranji


14. Kapayang




foto: diambil dari berbagai sumber
Label:

Post a Comment

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Theme images by mammuth. Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget