Halloween Costume ideas 2015

HARUAI-WIRANG.blogspot.com

KULAT KARIKIT DAN MANDAI TIWADAK

KULAT KARIKIT. (Jenis jamur yang sering dijadikan lauk-pauk oleh masyarakat Banjar Pahuluan) MANDAI. (Lauk-pauk khas orang Banjar)

KULAT KARIKIT

  • KULAT KARIKIT. (Jenis jamur yang sering dijadikan lauk-pauk oleh masyarakat Banjar Pahuluan)
Kulat Karikit adalah jenis jamur yang sering tumbuh pada batang-batang pohon yang sudah mati. Batang pohon yang sering ditumbuhi adalah batang pohon karet.

Kulat Karikit banyak dijumpai ketika musim huma (bahuma), karena kebiasaan masyarakat menebangi pohon untuk dijadikan lahan huma.

Di Kalimantan Selatan, kulat karikit ini sering dijadikan lauk-pauk untuk makan terutama di wilayah hulu sungai. Bagi orang yang belum pernah memakan kulat karikit ini tentu merasa jiji karena bentuk dan warnanya seperti kulit kayu. Namun sebenarnya rasanya sangat enak.

Sebelum dimakan, tentunya kulat karikit dibersihkan terlebih dahulu dan dimasak dengan menggunakan berbagai macam bumbu.

  • MANDAI. (Lauk-pauk khas orang Banjar)
Mendengar kata mandai tiwadak mungkin sebagian besar orang Kalimantan Selatan pasti mengatahui jenis benda/makanan apa yang dimaksud. Ya, mandai tiwadak adalah salah satu jenis makanan atau lauk pauk khas orang Banjar.

MANDAI TIWADAK

Mandai dibuat dari kulih buah cempedak (tiwadak) atau nangka, tetapi biasanya yang lebih sering dibuat adalah buah cempedak karena rasanya lebih enak.

Di Kalimantan Selatan, buah cempedak banyak kita jumpai di wilayah hulu sungai seperti di Tabalong, Balangan dan Hulu Sungai Tengah.

Buah cempedak merupakan buah yang hampir seluruh bagian buahnya bisa dimanfaatkan. Mulai dari dangin buahnya yang rasanya enak dan manis, biji buah cempedak juga bisa diolah menjadi berbagai macam makanan, terakhir adalah kulitnya bisa di buat mandai.

Adapun langkah-langkat dalam pembuatan mandai ini, yaitu:
11. Pertama-tama kulit buah cempedak dikupas kulit bagian luarnya, kemudian dipotong-potong sesuai keinginan dan cuci hingga bersih.
22. Kulit cempedak yang sudah bersih tadi dibuat ke dalam toples atau wadah apa saja yang bisa ditutup rapat dan diberi gamma agar tahan lama lalu kemudian dikasih air.
33. Tutup toples dan diamkan beberapa hari.
44. Setelah diawetkan beberapa hari mandai kulit tiwadak sudah bisa olah menjadi lauk makan, yang paling sering dibuat oseng-oseng mandai.
MANDAI TIWADAK

Cukup mudah cara membuat mandai tiwadak ini, selamat mencoba dan selamat menikmati lauk-pauk khas orang Banjar.
Label:

Post a Comment

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Theme images by mammuth. Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget