Halloween Costume ideas 2015

HARUAI-WIRANG.blogspot.com

MANUGAL (teknik menanam padi di lahan kering/huma)


Di Kalimantan Selatan terdapat dua sistem pertanian padi yang biasa dilakukan masyarakat. Sistem yang pertama yaitu pertanian di lahan kering/gunung (ladang berpindah) dan bertani di lahan basah (sawah). Sistem pertanian di lahan kering dalam bahasa Banjar sering disebut dengan bahuma lungkung sedangkan sistem pertanian di lahan basah di sebut dengan bahuma baruh

Kedua sistem pertanian ini mempunyai tekniknya masing-masing dalam pelaksanaannya, dimulai dari pembersihan lahan hingga panen. Selain itu juga tata cara penanaman padinya memiliki namanya masing-masing. Adapun menanam padi di baruh (sawah) dinamakan mamacak sedangkan menanam pada ladang berpindah disebut dengan manugal/nugal.

Teknik menanam padi dengan cara manugal biasanya dilakukan dengan cara bergotong-royong. Pertama-tama pemilik ladang biasanya memberi tahu hari pelaksanaan manugal, sekaligus mengundang orang berkisar 10 hingga 20 orang tergantung luas lahannya. Orang yang biasanya keluarga dan tetangga rumah sekampung. Manugal/nugal ini biasanya diikiuti bukan hanya oleh orang tua saja, melainkan anak-anak, laki-laki dan perempuan. Mereka saling berbagi tugas, laki-laki biasanya bertugas melobangi tanah dengan menggunakan tongkat kayu yang ditajamkan (asak), perempuan dan anak-anak memasukkan benih ke lobang yang sudah disiapkan. Selain itu ada juga yang bertugas menyiapkan makanan dan minuman, yang bertugas biasanya adalah pemilik lahan. Setelah lahan selesai di tugali maka kegiatan selanjutnya yaitu selamatan atau puji syukur kepada Tuhan sambil berdoa agar benih yang ditanam tadi akan menghasilkan padi yang melimpah dan kegiatan yang terakhir adalah makan-makan.


Manugal adalah cerminan tradisi gotong-goyong yang ada di masyarakat. Tradisi ini sudah ada sejak zaman dulu dan diwariskan secara turun-menurun ke generasi sekarang ini. Nugal adalah tradisi yang unik karena memiliki makna dan filosofi kebersamaan dan kekeluargaan. Manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri. Oleh karena itu setiap manusia pasti saling membutuhkan satu sama lain diberbagai aspek kehidupan. Jadi, sudah sewajarnya di dalam kehidupan sehari-hari kita saling membatu. Inilah pesan atau pelajaran yang bisa kita ambil dari tradisi masyarakat dalam kegiatan manugal.

Label:

Post a Comment

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Theme images by mammuth. Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget