Halloween Costume ideas 2015

HARUAI-WIRANG.blogspot.com

Kabupaten Tabalong


            Kabupaten Tabalong merupakan kabupaten paling utara dari Provinsi Kalimantan Selatan dengan ibu kota Tanjung, yang mana letaknya sangat strategis, yaitu di segitiga emas Kalimantan[1] (ujung Kalsel, ujung Kaltim, dan Ujung Kalteng) luasnya 3.946 km² dengan terdiri adari 12 Kecamatan dan keadaan masyarakatnya masih religius, hal terbukti lewat tradisinya contohnya antara lain adalah Maulid Nabi besar Muhammad SAW, serta semangat gotong royongnya masih terasa (baarian), contoh pada saat acara bertanam padi, baik itu manugal (ditanah kering) maupun mamacak (pada sawah tadah hujan.
            Secara geografis Kabupaten Tabalong terletak pada 1,18o LS – 2,25o LS, dan 115,9° BT – 115,47° BT sedangkan Grid Propinsi Kalimantan Selatan dari Proyeksi UTM terletak pada Grid CE – 25 sampai BD – 39 dengan koordinat x = 295.000 M dan y = 9.735.000 M pada zone 5° LS[2], dengan batas-batas wilayah yaitu:
1.      Sebelah Utara berbatasan dengan Provinsi Kalimantan Timur.
2.      Sebelah Timur berbatasan dengan provinsi Kalimantan Timur.
3.      Sebelah Selatan berbatasan dengan Kabupaten Hulu Sungai Utara dan Kabupaten Balangan
4.      Sebelah Barat berbatasan dengan Kabupaten Barito Selatan[3].
            Mengenai kepadatan penduduk dari Kabupaten Tabalong itu sendiri, berdasarkan sensus penduduk pada tahun 2010 jumlah keseluruhan penduduk adalah 218.954 jiwa, dengan rasio jenis kelamin adalah 103[4]. Dalam mempercepat tumbuhnya pembangunan, di Kabupaten Tabalong membagi 3 wilayah pengembangan pembangunan[5], yaitu:
1.      Wilayah Pengembangan Pembangunan Utara
Meliputi Kecamatan Haruai, Bintang Ara, Muara Uya, Upau dan Jaro dengan Pusat pengembangannya di Kecamatan Muara Uya, dengan potensi dan orientasi kepada perkebunan/pertanian tanaman pangan, peternakan, perikanan, kehutanan, daerah transmigrasi serta pariwisata. Wilayah pengembangan ini merupakan daerah dataran tinggi, dimana pegunungan Meratus membentang.
2.      Wilayah Pengembangan Pembangunan Tengah
Meliputi 3 Kecamatan yaitu Kecamatan Tanjung, Tanta, dan Murung Pudak dengan Pusat Pengembangan di Kecamatan Tanjung, dengan potensi dan berorientasi pada lahan pangan, perkebunan, wilayah ini juga sebagai pusat pemerintahan, perdagangan, industri, pendidikan, kebudayaan, serta pariwisata daerah. Daerah pembangunan ini sangat potensial karena letak dari Kota Tanjung itu sendiri merupakan transit antar provinsi (Kalsel, Kaltim, dan Kalteng) didukung dengan jalan raya dan lapangan terbang.
3.      Wilayah Pengembangan Pembangunan Selatan
Wilayah ini meliputi empat Kecamatan yaitu Kecamatan Kelua, Pugaan, Muara Harus dan Banua Lawas dengan pusat pengembangan di Kecamatan Kelua, pada wilayah ini di dominasi oleh dataran rendah dan rawa dengan potensi dan orientasi di bidang pertanian pangan, peternakan unggas, dan perikanan.




[1]               Lihat, http://tabalongkab.go.id/?page_id=21 (diakses pada tanggal  5 April 2013, pukul                11.32)
[2]               http://tabalongkab.go.id, Loc.cit.
[3]               Badan Pusat Statistik Kabupaten Tabalong, Tabalong dalam Angka 2010 (BPS                Kabupaten Tabalong,        2010), hlm. 1.
[4]               Ibid
[5]               BAPPEDA dan BPS Kabupaten Tabalong, Monografi Kabupaten Tabalong 2009 (Tanjung:         BAPPEDA dan BPS Kabupaten Tabalong, 2009), hlm. 22.
Label:

Post a Comment

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Theme images by mammuth. Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget