Halloween Costume ideas 2015

HARUAI-WIRANG.blogspot.com

MANFAAT BELAJAR SEJARAH


Mungkin banyak orang yang berkata buat apa sih mempelajari sejarah? Untuk apa mempelajari sesuatu yang telah terjadi, lebih baik memikirkan masa depan daripada memikirkan masa lau. Kamudian bagi kebanyakan murid-murid di sekolah menganggap pelajaran sejarah adalah pelajaran yang membosan.
Belajar sejarah sebenarnya mempunyai manfaat sangat besar dalam kehidupan suatu masyarakat atau bangsa. Adapun manfaat mempelajari sejarah adalah sebagai berikut:
  • Sejarah memberikan kesadaran waktu: Kesadaran waktu yang dimaksud adalah kehidupan dengan segala perubahan, pertumbuhan dan perkembangannnya terus berjalan melewati waktu. Kesadaran akan adanya gerak sejarah memandang peristiwa-peristiwa sejarah sebagai suatu yang terus bergerak dari masa silan ke masa kini dan berlanjut ke masa depan. Dengan memiliki kesadaran sejarah yang baik, seorang atau suatu bangsa akan senantiasa berusaha mengukir sejarah kehidupannya sebaik-baiknya.
  • Sejarah memberikan pelajaran yang baik: Dengan mempelajari sejarah seseorang atau bangsa akan bercermin dan menilai peristiwa-peristiwa mana yang merupakan prestasi dan peristiwa-peristiwa mana yang merupakan kegagalan. Peristiwa sejarah pada masa lalu, baik yang positif maupun negatif. Contoh, pada masa demokrasi terpimpin bangsa Indonesia tidak konsisten dengan garis politik bebas aktif yang cenderung ke Blok Timur. Akibatnya terjadi Gerakan 30 September (G30 S/PKI). Setelah itu muncul pemerintahan orde baru menggantikan pemerintahan yang sebelumnya, tetapi justru pemerintahan orde baru banyak diwarnai oleh korupsi, kolusi, dan nepotisme, sehingga melahirkan gerakan reformasi oleh mahasiswa yang akhirnya menumbangkan pemerintahan orde baru.
  • Sejarah mempertebal rasa kebangsaan (nasionalisme):Suatu bangsa terdiri atas banyak kelompok sosial yang memiliki kesamaan atau keinginan untuk membuat sejarah besar bersama di masa yang akan datang. Contoh: bangsa Indonesia sejak prasejarah memiliki kesamaan sejarah dan zaman keemasan pada zaman Sriwijaya, Mataram Hindu-Budha, dan Majapahit. Penggalan sejarah tersebut dijadikan ingatan kolektif yang dapat menimbulkan rasa solidaritas dan memperkokoh semangat kebangsaan.
  • Sejarah memberikan ketegasan indentitas nasional dan kepribadian suatu bangsa: Kepribadian seseorang atau suatu bangsa sangat unik atau khas. Karena setiap bangsa memiliki pengalaman sejarah yang berbeda-beda, sehingga kepribadian suatu bangsa akan berbeda. Menurut David Gordon dengan mempelajari sejarah akan lebih memperjelas identitas nasional atau kepribadian suatu bangsa. Karena sejarah merupakan pengalaman kolektif suatu bangsa. 
  • Sejarah sebagai sumber inspirasi: Aktivitas manusia pada masa silam direkam dalam sejarah. Menurut George Macauly Travelyn, pengetahuan dan cita-cita lampau dijadikan sumber inspirasi dalam rangka menumbuhkan cita-cita masa kini dan hari esok.
  • Sejarah sebagai sarana rekreatif: Sejarah dalam bentuk kisah dijadikan sunber bacaan yang menjanjikan karena merupakan kisah nyata dengan gaya yang memikat. Contoh: karya sejarah yang ditulis gaya sastra seperti Hulubalang Raja, Hikayat Banjar dan lain-lain. Karya sejarah tersebut dapat menghibur karena menumbuhkan suasana hati yang menyenangkan.


Label:

Post a Comment

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Theme images by mammuth. Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget