Halloween Costume ideas 2015

HARUAI-WIRANG.blogspot.com

Bunga Bangkai

Bunga Bangkai
Bunga bangkai adalah salah satu bunga dengan ciri khas yaitu beraroma seperti bangkai (bau busuk). Bunga bangkai berbeda dengan bunga Rafflesia, terutama dilihat dari bentuk bunganya; Selain bunga bangai yang berbentuk indah dengan warna terang ada juga bunga bangkai yang terlihat biasa dan kurang menarik, seperti yang kami temukan beberapa hari yang lalu (lihat gambar).

                             Foto; di ambil oleh Rusmawati di Desa Marindi kecamtan Haruai
Di kabupaten Tabalong sering ditemui bunga bangkai jenis ini. Bunga bangkai ini biasanya tumbuh di tempat-tempat lembab dan sering juga ditemui di pinggir-pinggir sungai. Dilihat secara seksama bunga bangkai ini hanya terdiri dari batang, kelopak bunga dan bagian tengah kelopak bunga dengan kuncup memanjang. Sedangkan warnanya bagian batang berwarna hijau tua dengan bercak putih, bagian kelopak berwarna hijau muda dan bagian kuncupnya berwarna ungu. Di dalam kelopak bunga terdapat cairan dan banyak terdapat serangga yang terperangkapdi dalamnya.


Setelah beberapa minggu kelopak dan kuncup bunga ini akan layu setelah itu akan muncul buah dari bunga bangkai ini. Bentuk buah bungai bangkai ini sekilas dilihat seperti jangung hanya saja terlihat lebih panjang dan bijinya berwarna-warnai, hijau (masih muda), kuning (sudah tua) dan merah (telah masak). Buah bunga bangkai yang sudah masak ini sangat disukai oleh burung (burung Karuang). Saya dulu suka memasang jerat burung dengan menggunakan buah bunga bangkai ini dan pasti berhasil kami menamakan buah bunga bangkai ini dengan nama udukan. Dan yang perlu diketahui selain berbau busuk bunga bangkai ini juga bisa mengakibatkan gatal-gatal apabila tersentuh oleh kulit, jadi apabila menemukan bunga bangkai saya sarankan untuk tidak menyentuhnya.


Label:

Post a Comment

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Theme images by mammuth. Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget