Halloween Costume ideas 2015

HARUAI-WIRANG.blogspot.com

Kesultanan Islam Samudra Pasai

kesultanan Islam Samudra Pasai

Sebelum Indonesia dikuasa oleh oleh orang-orang Barat seperti Portugis, Spanyol, Inggris, Belanda, bahkan Jepang, Indonesia atau Nusantara sebutan pada zaman itu pernah dikuasai oleh kesultanan-kesultanan Islam. Kesultanan Islam tersebut tersebar dibeberapa pulau besar seperti Sumatra, Jawa, Kalimantan dan Sulawesi.
Nusantara memiliki kekayaan alam yang melimpah dan setrategis dari segi geografis menjadi daya tarik bangsa-bangsa luar untuk datang ke Nusantara. Nusantara menjadi pusat pedagangan rempah-rempah pada waktu itu, berbagai pedagang dari luar banyak berdatangan. Dari sektor perdagangan inilah membuat kesultanan-kesultanan pada waktu itu tumbuh menjadi kerajaan besar yang sangat berpengaruh, tidak hanya untuk daerah sekitar tetapi meluas hingga ke luar negeri.
Berikut ringkasan kesultanan-kesultanan Islam di Nusantara:

1.      Kesultanan Samudara Pasai

Kesultanan SamudraPasai yang didirikan oleh Merah Silu atau Sultan Malik Saleh di pesisir pantai utara Sumatra (di sekitar Kota Lhokseumawe dan Aceh Utara) tahun 1267 itu dikenal juga dengan Kesultanan Samudra Darussalam. Sering pula disebut dengan Kesultanan Pasai.
Beberapa sultan yang pernah memerintah Kesultanan Samudra Pasai adalah Sultan Malek Saleh (1267-12970), Sultan Muhammad Malik Zahir (1297-1326), dan Sultan Mahmud Malik az-Zahir (1326-1345). Semasa pemerintahan Sultan Majmud Malik Zahir, Samudra Pasai diserbu oleh pasukan Majapahit tahun 1345 dan 1350. Akibat serbuan dari Majapahit itu, Mahmud Malik Zahir melarikan diri.
Kesultanan Pasai belum berakhir. Kesutanan tersebut mengalami kebangkitan kembali pada masa Sultan Zain al-Abidin Malik Zahir (1383-1405) yang menurut Kronik Cina dikenal sebagai Tsa-nu-li-a-pi-ting-ki. Kronik Cina pula menyebutkan bahwa Tsa-nu-li-a-pi-ting-ki tewas di tangan Raja Nakur. Sepeninggal Zain al-Abidin Malik, istrinya yang bernama Sultanah Nahrasiyah naik tahta.

Menjelang akhir masa pemerintahan Kesultanan Pasai, terjadi beberapa pertikaian yang mengakibatkan perang saudara. Sultan Pasai meminta bantuan kepada Sultan Malaka untuk meredam pemberontakan. Namun Kesultanan Pasai akhirnya runtuh setelah ditaklukkan oleh Portugis tahun 1521. Tahun 1524, wilayah Samudra Pasai menjadi bagian dari Kesultanan Aceh.
Label:

Post a Comment

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Theme images by mammuth. Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget