Halloween Costume ideas 2015

HARUAI-WIRANG.blogspot.com

OBJEK WISATA ALAM GUNUNG JAWUK DAN BUKIT MAMBANIN DI TABALONG

Gunung Jawuk atau rumah pohon adalah objek wisata alam yang ada di kecamatan upau dan bukit mambanin berada di desa marindi, Haruai



1.      Sunset Di Gunung Jawuk (Rumah Pohon)

sunset di rumah pohon

Bagi kalian penikmat sunset atau kalian yang ingin menutup hari dengan menyaksikan indahnya matahari tenggelam khususnya yang bertempat tinggal di kabupaten Tabalong, saya sarankan untuk berkunjung ke Gunung Jawuk. Di gunung Jawuk ini kalian bisa menikmati indahnya matahari tenggelam dari rumah pohon yang buat oleh masyarakat setempat. Lalu dimana tepatnya lokasi Gunung Jawuk ini??????

Gunung Jawuk sebenar bukan sebuah gunung yang menjulang tinggi tetapi hanya sebuah bukit-bukit, namun kebiasaan mayarakat menyebut bukit dengan sebutan gunung. Gunung Jawuk ini terletak di Desa Kinarum, Kecamatan Upau, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan. Mayoritas penduduk yang mendiami Desa Kinarum adalah Dayak Deah. Desa Kinarum terletak 45 Km dari pusat kota Tanjung dan 5 Km dari pusat kecamatan upau. Jarak desa Kinarum dengan rumah pohon kurang lebih ½ Km dengan akses jalan yang sangat mudah.

Gunung Jawuk atau yang sering disebut rumah pohon bisa dikatagorikan sebagai objek wisata. Mengapa demikian? Karena sejak sebarnya informasi tentang keberadaan rumah pohon oleh orang-orang di luar desa Kinarum pada 2014, orang-orang makin ramai berkunjung ketempat tersebut. Gunung Jawuk/rumah pohon memiliki daya tarik sendiri, yaitu berupa pemandangan dan bentanggan alam yang sangat memanjakan mata. Dari atas rumah pohon kita bisa melihat sejauh mata memandang dan juga bentangan dari deretan pegunungan Meratus.

Bagi pengunjung yang ingin menikmati sunset di Gunung Jawuk saya sarankan untuk berkunjung ke sana pada musim panas/kemarau, karena kemungkinan melihat matahari tenggelam dengan sempurna sangat besar. Jika kalian datang pada musim hujan kemungkinan besar matahari tertutup awan bahkan mungkin terjadi hujan. Tempat ini menjadi rekomendasi bagi para pengunjung yang ingin menikmati sunset khususnya yang berada di Kabupaten Tabalong. Karena di Tabalong sangat sedikit tempat yang pas untuk menikmati matahari tenggelam.

2.      Bukit Mambanin

mambanin

Bukit Mambanin adalah salah satu bukit yang terletak tidak jauh dari lokasi objek wisata Riam Mambanin. Jarak antara Bukit Mambanin dengan air terjuan Riam Mambanin hanya berjarak kurang lebih 300 M. Untuk menuju lokasi bukit Mambanin hanya dapat di akses dengan berjalan kaki dimulai dari air terjun karena jalan menuju lokasi hanya jalan setapak dan lumayan menanjak.

 

Seperti halnya gunung ataupun bukit pada umumnya, ketika seseorang berada di atasnya pasti akan mendapatkan pemandangan yang luar biasa. Dari atas bukit mambanin kita bisa melihat pemandangan yang indah sejauh mata memandang. Dari atas tersebut juga kita bisa melihat perkampungan desa Marindi, hamparan sawah, perusahaan semen PT. Conch dan lain-lain. Di Bukit Mambanin kita dapat juga menikmati sunset karena arah pandangannya tepat ke arah Barat.

 BACA JUGA:

Label:

Post a Comment

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Theme images by mammuth. Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget